• cek pajak kendaraan

    Mengecek pajak kendaraan penting dilakukan untuk menghindari keterlambatan pembayaran pajak kendaraan. Melalui pengecekan juga Anda bisa mengetahui berapa jumlah tagihan dan macam-macam pajak yang harus dibayar. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengecek pajak, baik yang paling mudah hingga yang paling klasik. Anda hanya tinggal pilih mana yang menurut Anda paling mudah, apalagi jika Anda tinggal di wilayah Jateng.

    Berikut Cara Mengecek Pajak Kendaraan di Jawa Tengah

    • Pengecekan di kantor Samsat

    Cara paling sederhana untuk mengetahui tentang pajak kendaraan Anda adalah datang langsung ke kantor Samsat di kota Anda. Cara ini mungkin adalah yang paling klasik dan biasa saja karena memang semua informasi tentang kendaraan Anda bisa di dapatkan di kantor Samsat. Setiap kota di Jawa Tengah memiliki kantor Samsatnya sendiri jadi Anda bisa mendatangi kantor Samsat sesuai dengan alamat yang tertera pada kendaraan Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari pelanggaran lalu lintas di jalan raya. Jadi jika Anda bukan orang Jawa Tengah tapi membeli kendaraan tersebut di Jawa Tengah, Anda tetap harus mendatangi kantor Samsat yang ada di Jawa Tengah.

    Caranya sebenarnya sangat mudah, Anda hanya tinggal masuk ke loket pendaftara untuk menanyakan tentang pajak Anda. Kemudian tunjukkan surat pajak kendaraan Anda. Jika hilang atau rusak Anda bisa menunjukkan STNK Anda. Jika Anda hanya ingin sekedar melakukan pengecekan, maka Anda bisa langsung bertanya ke petugas. Tetapi jika Anda ingin melakukan pembayaran pajak sekalian, maka ada beberapa dokumen yang harus Anda bawa juga seperti fotokopi KTP, fotokopi STNK, dan harus membawa surat pajak tersebut. Prosesnya juga akan lebih panjang karena Anda hanya bisa menumpuk berkas tersebut dahulu lalu tunggu hingga nama Anda dipanggil. Sayangnya, antrian untuk ini biasanya memakan waktu lama hingga berjam-jam jadi bisa dibilang kurang efektif.

    • Melalui Samsat Keliling

    Pajak kendaraan sebenarnya adalah asuransi mobil terbaik karena melalui pembayaran pajak, Anda bisa mendapatkan keuntungan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja terjadi kecelakaan, maka biaya pengobatan Anda bisa dibantu oleh pemerintah dari pajak yang sudah Anda bayarkan selama ini. Maka dari itu, penting untuk membayar pajak secara rutin, apalagi sekarang caranya semakin dipermudah. Bahkan Samsat menyediakan layanan Samsat keliling bagi Anda yang tidak sempat datang ke kantor Samsat.

    Layanan ini berupa mobil khusus Samsat yang biasanya berhenti di titik-titik tertentu di Jawa Tengah. Layanan Samsat keliling ini memudahkan warga yang ingin mengecek pajak kendaraan tapi berada di lokasi yang jauh dari kantor Samsat. Selain itu, layanan ini juga sering hadir pada hari-hari libur sehingga mereka yang tidak sempat ke Samsat karena bekerja juga bisa menggunakan fasilitas ini. Sayangnya tidak ada yang tahu pasti kapan dan dimana Samsat keliling akan berhenti. Layanan ini akan memberitahukan kepada warga sekitar beberapa hari sebelumnya. Lokasi dan waktunya pun sering acak sehingga sulit di tebak. Tapi lokasinya pastilah tempat yang bisa dijangkau oleh banyak orang.

    • Mengecek di situs online

    Salah atu kemudahan dari perkembangan era teknologi ini adalah internet. Teknologi internet memudahkan kita untuk melakukan banyak hal, bahkan mengecek pajak kendaraan. Memang layanan pajak kendaraan online atau Samsat online belum menjangkau semua kota di Indonesia, tetapi Jawa Tengah sudah menjadi kota yang memiliki Samsat Online. Ada banyak informasi yang bisa didapat dengan mudah melalui online, mulai dari pengecekan pajak hingga pembayarannya. Anda bisa melakukan pengecekan pajak http://eolia.mihanblog.com/post/8 dengan lebih cepat melalui online. Cara ini adalah yang paling banyak dipilih orang karena mudah, cepat dan praktis. Apalagi sekarang banyak orang yang pandai menggunakan teknologi jadi pengecekan online bukan hal yang sulit untuk dilakukan oleh semua umur.

    Setiap provinsi di Indonesia memiliki alamat situsnya sendiri-sendiri meski gunanya sama-sama untuk mengecek pajak. Alamat ini sengaja dibedakan karena sistem di setiap kota juga berbeda dan untuk meminimalisir kesalahan data. Anda hanya perlu masuk ke situs web khusus Jawa Tengah lalu akan muncul kolom untuk mengisikan nomot polisi kendaraan Anda. Isikan lalu tekan enter atau klik proses, tunggu beberapa saat kemudian akan muncul banyak informasi mengenai kendaraan Anda. Mulai dari jatuh tempo pembayaran pajak hingga besaran pajak yang harus dibayarkan. Ada juga layanan informasi jika masih ada hal-hal yang membuat Anda bingung. Situs ini bisa Anda manfaatkan untuk melihat berapa banyak uang yang harus disiapkan sebelum pergi ke kantor Samsat untuk mebayar pajak. Anda akan diberi penjelasan secara rinci juga jenis-jenis tagihan pajak apa saja yang harus Anda bayar.

    • Menginstall aplikasi

    Ternyata sekarang tidak hanya melalui situs website online saja untuk melakukan pengecekan secara online. Pemerintah semakin memajukan penggunaan teknologi untuk layanan informasi publik. Bagi pengguna Android, sekarang Anda bisa mengecek pajak kendaraan Anda melalui aplikasi. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store secara gratis. Selain itu, aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak memakan memori smartphone Anda. Penggunaan aplikasi ini merupakan sebuah kemajuan dari yang awalnya hanya dari situs website saja.

    Sama seperti versi website yang berbeda alamat untuk setiap provinsi, aplikasi ini pun juga berbeda untuk beberapa provinsi. Belum semua provinsi di Indonesia memiliki aplikasinya, saat ini masih kota-kota besar saja. Setelah menginstallnya, Anda hanya tinggal buka aplikasinya lalu masukkan nomor polisi kendaraan Anda dan nomor Kartu Tanda Penduduk pada kolom yang tersedia. Setelah itu akan muncul banyak informasi mengenai kendaraan Anda termasuk pajak yang harus di bayar. Penggunaan aplikasi sebenarnya lebih praktis dari pada melalui website. Anda tidak perlu memasukkan alamat website Samsat Jateng yang mungkin Anda lupa, hanya tinggal buka aplikasinya yang sudah terpasang di smartphone Anda.

    • Mengirim SMS

    Jika Anda tidak memiliki smatphone atau sedang tidak ada kuota dan koneksi internet, Anda masih bisa mengeceknya dengan cara lain, yaitu SMS. Cara ini sedikit lebih rumit dari pada online, tapi masih termasuk praktis. Anda tidak perlu pergi kemana-mana karena Anda bisa mengirimkan SMS tersebut dimanapun dan kapanpun. Waktu yang Anda butuhkan bahkan tidak akan sampai 5 menit karena prosesnya sangat cepat.

    Cara mengecek pajak kendaraan dengan SMS juga sama seperti versi online dimana nomor tujuan dan format SMS berbeda untuk setiap wilayah. Jadi Anda harus perhatikan jika format yang Anda gunakan sudah pas untuk wilayah Jawa Tengah. Caranya cukup mudah, untuk Jawa Tengah tinggal ketika Jateng (spasi) nomo polisi kendaraan. Misalnya adalah JATENG AD2356JJ, lalu kirimkan ke nomo 7070. Tunggu beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan balasan dari server mengenai informasi kendaraan Anda beserta tagihan yang harus dibayar. Sayangnya tidak semua kota bisa menggunakan bisa menggunakan layanan ini karena pengecekan pajak via SMS belum menjangkau semua kota di Indonesia. Namun, jika kota yang terdaftar di kendaraan Anda adalah Jateng, Anda bisa menggunakan semua fasilitas baik yang online hingga SMS.

     


    votre commentaire


    Suivre le flux RSS des articles de cette rubrique
    Suivre le flux RSS des commentaires de cette rubrique